Pernahkah Anda bertanya di suatu forum , namun tidak dijawab oleh seorang pun ? Atau mungkin malah ada yang meledek Anda?
Jangan
kaget, cara Anda bertanya dapat sangat mempengaruhi respons yang akan Anda dapatkan. Jika cara Anda benar, maka di forum yang sama bisa jadi malah orang-orang seperti menjadi saling berebutan untuk membantu Anda.
Andahanya perlu menempatkan diri Anda pada posisi mereka (anggota-anggota
forum lainnya), dan berpikir, kira-kira pertanyaan seperti apa yang saya
akan jawab dengan senang hati?
FAKTA UTAMA:
Paraanggota forum saling membantu satu dengan lainnya tanpa bayaran.
Kebalikannya, justru mereka mengorbankan waktu dan pikiran untuk
menolong Anda.
Buatlah agar mereka merasa tergerak untuk menjawab pertanyaan Anda, dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.
1. Persiapan sebelum bertanya
a. Coba baca lagi READ ME yang menyertai setiap file tersebut baik-baik
b. Coba cari dahulu jawabannya dengan mencarinya di Internet (via Google, dll)
c.Coba cari jawabannya di arsip thread file tersebut (kalau jawabannya
sudah ada di arsip, kadang-kadang orang akan menjadi jengkel dengan
pertanyaan Anda)
d. Dan seterusnya pada intinya; jangan lupa
tunjukkan bahwa Anda sudah berusaha untuk memecahkan masalah
tersebut.Karena jika Anda tidak menyertakan bukti-bukti usaha Anda, maka
orang lain cenderung melihat Anda sebagai pemalas dan tidak merasa
tergugah untuk membantu Anda.
e. cari tahu tempat yang tepat untuk
menanyakan pertanyaan Anda tersebut. Pertanyaan mengenai patch akan
cenderung diabaikan, atau malah akan mengundang kecaman, jika diposting
di forum mengenai editing.
f. Cross-posting (memposting pertanyaan ke
banyak subforum sekaligus) cenderung membuat orang menjadi malas
menjawab pertanyaan Anda ("ah, paling forum anu yang akan menjawabnya").
2. Ketika bertanya
- Jangan bertanya langsung ke individu/PM. Bertanya ke forum adalah lebih baik, karena:
a. Jawaban dari pertanyaan Anda tersebut jadi bisa bermanfaat untuk banyak orang
b. Jawaban dari pertanyaan Anda biasanya akan tersimpan di arsip
forum tersebut, sehingga akan terus bermanfaat bagi orang lain (muncul
di hasil search Google, dst)
c. Poin-poin diatas menjadi insentif bagi para pakar di forum tersebut untuk menjawab pertanyaan Anda
d. Anggota forum dapat bekerja sama untuk membantu menjawab pertanyaan Anda
e. Dan, email yang dikirim langsung dari seseorang yang tidak
dikenal cenderung membuat penerimanya menjadi terasa terganggu.
- Sering-sering lah check thread yang ente buat
jangan lah memiliki sikap HIT AND RUN, para pakar udah menjawab tapiente gak nongol2, alhasil ente akan mempunyai efek buruk pada forum karena sikap ini.
jangan karena thread ente tidak ada yang jawab
dalam jangka waktu kurang dari sejam, lantas ente meninggalkan thread.
waktu online ente dan balarupa lainnya terkadang berbeda
3. Cara bertanya yang baik
a. Gunakan kata/tag berikut ini jika kamu membutuhkan pertolongan
- ???
- tanya
- tolong
- diskusi
- help
- ask/wta(want to ask)
- minta/request
b. Gunakan bahasa yang sopan
Jika Anda menggunakan kata-kata yang kasar, adalah hal yang aneh
jika kemudian Anda heran ketika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda
:-)
Gunakan kata-kata seperti "Apakah ada yang bisa membantu saya?", "Terimakasih banyak sebelumnya", dst.
Ingat bahwa para pakar tersebut tidak menerima bayaran untuk
membantu Anda, jadi setidak-tidaknya jangan lupa mengucapkan terimakasih kepada mereka.
c. Jangan asumsikan bahwa Anda berhak mendapatkan jawaban.
Ingat FAKTA UTAMA.
Karena jika Anda telah berasumsi begini, maka Anda akan kecewa sendiri ketika pertanyaan Anda tidak terjawab, dan alih-alih berusaha introspeksi kenapa tidak ada jawaban Anda malah akan cenderung menjadi
marah-marah di forum tersebut dan semakin diabaikan oleh hadirin lainnya
(atau kena caci maki balik).
d. Beri judul yang sesuai dan deskriptif.
Judul thread seperti "tolooongg!!!!" justru cenderung akan
diabaikan, karena memberikan kesan bahwa Anda terlalu malas bahkan sekedar cuma memberi judul thread yang sesuai.
Judul thread seperti "Komputer restart sendiri setelah memasang Service Pack 3" akan
mempunyai kans untuk dijawab yang lebih besar.
e. Jelaskan masalah Anda secara detil berikut dengan berbagai data-data yang ada.
INGAT bahwa para pakar di forum tersebut tidak bisa mengakses komputer Anda, jadi sumber informasi mereka hanya posting dari Anda saja. Maka buatlah posting tersebut selengkap dan sedetail mungkin.
f. Buat agar thread Anda informatif dan tidak asal panjang lebar
Sehubungan dengan poin diatas, melampirkan data-data yang tidak relevan sehingga membuat thread Anda menjadi sangat panjang malah justruakan membuat para pakar merasa segan untuk menjawab pertanyaan Anda.
("ya ampun sudah lama-lama buka thread dia ternyata isinya cuma
beginian" akhirnya cuma jadi tempang ngejunk )
g. Tulis pertanyaan Anda dengan bahasa Indonesia yang benar.
Penulisan pertanyaan yang amburadul akan memberikan kesan bahwa Andaadalah orang yang ceroboh, dan para pakar yang sibuk akan merasa segan untuk meluangkan waktunya bagi Anda
h. Jangan langsung mengklaim bahwa kesalahan ada pada pihak yang lain.
Kalimat seperti "ada bug di program akunting ini" tanpa bukti yang
kuat akan cenderung membuat para pembuat program tersebut (yang jelas
adalah para pakarnya) menjadi tidak tertarik untuk menjawab pertanyaan Anda, atau malah tersinggung.
Cukup jelaskan saja bahwa Anda menemukan suatu masalah di program tersebut, jangan membuat klaim yang
tidak bisa Anda buktikan.
i. Jelaskan dan paparkan masalahnya, bukan tebakan Anda
Jika Anda bukan pakar di bidang tersebut, maka kemungkinan besar tebakan Anda salah, dan malah menunjukkan kebodohan Anda sendiri di depan umum.
j. Buat kesimpulan setelah permasalahan Anda terjawab
Setelah pertanyaan Anda terjawab / masalah Anda terselesaikan, balasthread anda yang membeberkan apa saj ayang dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
Ini akan meningkatkan kemungkinandijawabnya pertanyaan Anda yang berikutnya di forum tersebut, karena
para pakar forum akan menilai bahwa Anda bisa juga memberi balik (dan
tidak hanya meminta) dan mereka pada umumnya sangat menghargai ini.
4. Menanggapi jawaban
Jawaban
yang menyelesaikan permasalahan Anda tentu perlu dibalas paling tidak
dengan ucapan terimakasih. Namun bagaimana dengan jawaban:
1. RTFM atau STFW
Balasan berupa sepatah kata RTFM (Read The Fine Manual, terkadang
sering diplesetkan menjadi Read The Fu**ing Manual) atau STFW (Search The Fine Web) berarti bahwa Anda telah melakukan kesalahan yang fatal jawabannya sebetulnya sudah ada di dokumentasi produk tersebut (RTFM),
atau di Internet (STFW) Jangan tersinggung, karena ini fakta (Anda
melakukan kesalahan etika).
2. Jika ada yang menjawab dengan kasar, biarkan saja.
Karena yang menurut Anda kasar, kadang justru adalah biasa di forum tersebut. Atau ada alasan yang kuat mengapa balasannya seperti itu. Ataumungkin Anda sedang emosi sehingga balasan tersebut terasa kasar bagi
Anda.Dan berbagai kemungkinan lainnya.Yang lebih bijak adalah
menenangkan diri Anda, dan lalu menjawab balasan tersebut dengan kepala
dingin. Jangan emosional, sampaikan data dan fakta saja.
Jika jawaban yang Anda terima tidak berkenan bagi Anda, jangan tersinggung dan marah-marah karena:
1. Kemungkinan Anda akan mengatakan hal-hal yang memalukan Anda
sendiri, padahal kebanyakan forum dan mailing list terarsip di Internet., dan bisa dilihat oleh seluruh penduduk dunia.
Tindakan Anda bertahun-tahun yang lalu dapat memalukan Anda selama bertahun-tahun setelahnya.
2. Para pakar di forum tersebut akan mengingat Anda sebagai orang yang tidak pantas untuk dibantu di masa depan
Yang
lebih baik adalah Anda introspeksi diri Anda sendiri, apakah ada
etika-etika bertanya yang telah Anda langgar? Silahkan baca lagi
petunjuk ini baik-baik.
Jika rasanya Anda telah cukup
berhati-hati dan berusaha, namun masih tetap dimaki-maki, berarti memang
forum tersebut bukan forum yang tepat. Tapi jangan dibalas, karena Anda
sendiri yang akan kena getahnya. Cukup cari saja forum lainnya. Dunia
tidak selebar daun kelor.
5. Jika tidak ada yang menjawab pertanyaan Anda
a. Jangan tersinggung
Mungkin memang tidak ada yang mengetahui jawabannya.
Tidak ada yang tahu jawabannya bukan berarti Anda diabaikan,
walaupun memang sulit untuk membedakannya (karena sifat komunikasi
elektronik yang faceless)
b. Jangan posting ulang pertanyaan Anda
Para pakar di forum tersebut, yang mengasumsikan bahwa kebetulan
tidak ada yang mengetahui jawaban dari masalah Anda, akan merasa kesal
("cerewet benar orang ini")
Sebaliknya, cari jawabannya di forum yang lain.
6. Contoh-contoh pertanyaan yang baik dan yang salah
Salah: Dimana saya bisa menemukan program anu ? (ya di Google, dogol)
Baik:
Saya mencari program anu di Google, tapi tidak ada yang relevan /
justru ketemu situs-situs mengenai produk anu. Apakah ada yang bisa
membantu menunjukkan saya ke informasi mengenai cara untuk menggunakan
fasilitas X di program anu tersebut ?
Salah: Bagaimana cara untuk install Linux ? (RTFM!!!)
Baik:
Saya sedang meng-install Mandrake versi 9.2, namun saat sedang mendeteksi network card malah jadi hang. Network card saya merk D-link tipe TX530. (informasi jelas, detail, dan relevan) , Saya sudah coba
cari di Google dan wiki, namun tidak ada informasi mengenai hal ini.
(penanya jelas sudah berusaha, namun masih belum berhasil juga) , Ada
yang tahu bagaimana solusinya ?
Salah: Motherboard saya gak mau hidup, gemana nehhh... ??!! (Loe mau bayar gue berapa emangnya?)
Baik:
Komputer saya tidak mau hidup setelah saya pasangi card Radeon 9800XT. Ada bunyi bip 3 kali sewaktu saya menekan tombol power. Sayang tidak adainformasi mengenai bunyi bip ini di manual dan website motherboard
saya. Motherboard saya merek Epox tipe XXX-321. Ada yang bisa membantu
saya?
6. Untuk para pakar: Cara menjawab yang baik
1. Usahakan untuk memahami situasi penanya
Stress karena masalah yang sedang dialami dapat membuat penanya
menjadi tidak sengaja membuat email yang terbaca kasar / egois. Lebih
bijak jika kita memahami, dan membantu mereka
2. Jika tidak tahu, katakan saja tidak tahu !
Jawaban yang salah namun terkesan canggih justru jauh lebih buruk daripada tidak ada jawaban sama sekali, karena akan menyesatkan si penanya. Dan kemudian akan menjatuhkan reputasi Anda sebagai pakar di
forum yang bersangkutan.
3. Jangan ledek seseorang karena ketidak tahuannya
Anda dulu juga pernah bodoh seperti mereka. Jangan sombong.
4. Jika informasi yang ada kurang, jangan segan-segan untuk bekerjasama dengan penanya sampai masalahnya terpecahkan.
Ingatkan ketika dulu Anda masih bodoh, dan orang-orang membantu Anda
dengan senang hati? Bantuan Anda kepada si penanya mudah-mudahan dapat
membuatnya menjadi pakar pula di kemudian hari, yang juga senang
membantu orang lain yang tidak tahu.
5. Jawaban RTFM atau STFW
memang kadang-kadang pantas untuk dikenakan kepada penanya-penanya
tertentu, namun adalah jauh lebih baik jika Anda bisa menyertakan
link/URL ke website yang relevan.
Bahkan terkadang sekedar
memberikan keyword yang tepat untuk dimasukkan di Google sebetulnya
adalah bantuan yang sangat berharga bagi sang penanya!
6. Jika ada fasilitas FAQ di forum Anda, jangan lupa untuk mendokumentasikan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul disitu.
Para calon penanya terbantu karena jawabannya bisa didapatkan dengan
cepat, dan Anda sendiri juga akan terbantu karena volume pertanyaan
menjadi berkurang.
Demikian pedoman ini kami susun, semoga bisa bermanfaat bagi Semua user Bargedoz.
Baca Juga :
=Bengkel Avatar/logo Bargedoz
=Aturan dasar Forum
=Aturan dasar memposting
=Chatbox Command
=tata Cara membuat thread
Credits:
Ditulis Oleh : Ezio_U1