Ezio_U1 Administrator Posts : 1160 Gold : 107412 Reputasi : 1366 Join date : 26.11.10 Age : 27 Lokasi : Belakangmu..
| Subyek: CASE OF PASCAL Thu 11 Apr 2013, 18:42 | |
| STRUKTUR CASE OF ELSE Jun 10, 20094 Commentsby Author Struktur CASE-OF…ELSE merupakan pengembangan dari struktur CASE-OF dan juga merupakan pengembangan dari standar Pascal. Pada struktur CASE-OF bila tidak ada kondisi yang terpenuhi berarti tidak ada statemen di dalam lingkungan CASE-OF yang diproses. Dengan struktur CASE-OF…ELSE, bila tidak ada kondisi yang terpenuhi, maka statemen yang akan diproses dalam lingkungan CASE-OF adalah statemen yang ada di ELSE. Contoh program: - Code:
-
uses wincrt; var Pilihan:byte; R,L,T,Luas:real; Begin R:=0; L:=0; T:=0; ClrScr; GotoXY(10,2);Writeln(‘–> PILIHAN < --'); GotoXY(10,4);Writeln('1.Menghitung Luas Lingkaran'); GotoXY(10,6);Writeln('2.Menghitung Luas Segitiga'); GotoXY(10,8);Writeln('3.Menghitung Luas Bujur Sangkar'); GotoXY(10,20);Write('Pilih Nomer(1-3)?');Read(pilihan); ClrScr; case Pilihan of 1:Begin Write ('Jari-jari lingkaran?');Readln(R); Luas:=Pi*R*R; Writeln('Luas Lingkaran=',Luas:9:2); End; 2:Begin Write('Panjang sisi alas?');Readln(L); Write('Tinggi Segitiga?');Readln(T); Luas:=0.5*L*T; Writeln; Writeln('Luas segitiga=',Luas:9:2); End; 3:Begin write('Panjang bujur sangkar?');Readln(T); Write('Lebar bujur sangkar?');Readln(L); Luas:=T*L; Writeln; Writeln('Luas bujur sangkar=',Luas:9:2); End; Else Begin Writeln('Pilihannya hanya 1,2,atau3'); Writeln('Anda tadi pilih nomer berapa?......Sembarangan aja milih!!!!!!!'); End; End; End. Hasil eksekusi program adalah: -->PILIHAN<– Menghitung Luas Lingkaran Menghitung Luas Segitiga Menghitung Luas Bujur-Sangkar Script Pascal berikut akan menampilkan 3 pilihan, masing-masing sebagai berikut : Jika angka = 1, maka yang karakter akan tampil “satu”. Jika angka = 2, maka yang karakter akan tampil “dua”. Jika angka = 3, maka yang karakter akan tampil “tiga”. Selain daripada itu akan menampilkan “Pilihan Salah!” Program Angka; - Code:
-
uses wincrt; var a:integer; begin write('Angka (1-3) = ');readln(a); writeln; case a of 1:write('Satu'); 2:write('Dua'); 3:write('Tiga'); else write('Pilihan Salah!'); end; end. ATAU INI - Code:
-
program case1; uses wincrt; var nip,nama : string; pendapatan,pajak : real; gol : char; begin clrscr; writeln(‘——— DAFTAR PAJAK ———-’); writeln(‘_________________________________’); write (‘NIP : ‘);readln(nip); write (‘Nama Karyawan : ‘);readln(nama); write (‘Golongan [A,B,C] : ‘);readln(gol); write (‘Pendapatan : ‘);readln(pendapatan); case upcase(gol) of ‘A’ : begin writeln(‘Golongan ini bebas pajak’); pajak := 0; end; ‘B’ : pajak := 0.1 * pendapatan; ‘C’ : pajak := 0.2 * pendapatan; else write(‘Salah melakukan Penginputan data ‘); end; writeln(‘Pajak : Rp. ‘,pajak:9:2); end. Tampilan saat case Di running Sedangkan untuk program IF program if1; uses wincrt; var nip,nama : string; pendapatan,pajak : real; gol : char; begin clrscr; writeln(‘——— DAFTAR PAJAK ———-’); writeln(‘_________________________________’); write (‘NIP : ‘);readln(nip); write (‘Nama Karyawan : ‘);readln(nama); write (‘Golongan [A,B,C] : ‘);readln(gol); write (‘Pendapatan : ‘);readln(pendapatan); if (gol = ‘A’ )or (gol = ‘a’) then pajak := 0 else if (gol = ‘B’) or (gol = ‘b’) then pajak := 0.1 * pendapatan else if (gol = ‘C’) or (gol = ‘c’) then pajak := 0.2 * pendapatan else write(‘Salah melakukan Penginputan data ‘); writeln(‘Pajak : Rp. ‘,pajak:9:2); end. |
|